PROFIL PT. AMERTA INDAH OTSUKA
A. Sejarah Ringkas
PT. Amerta Indah Otsuka merupakan
anak perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., yaitu sebuah perusahaan yang
bergerak di bidang farmasi yang sudah terkenal di Jepang. PT. Amerta Indah
Otsuka bergerak di bidang bisnis minuman isotonik, perusahaan ini dulu belum
sebesar dan berkembang dibandingkan saudaranya PT. Otsuka Indonesia yang lebih
dulu masuk ke Indonesia yang bergerak di bidang farmasi. PT. Amerta Indah
Otsuka merupakan sebuah perusahaan yang memasarkan produk minuman Pocari Sweat
di Indonesia. Belakangan ini selain memproduksi minuman isotonik dengan merek
Pocari Sweat, PT. Amerta Indah Otsuka juga memproduksi makanan ringan berbentuk
bar yang terbuat dari tepung kedelai dan buah-buahan asli dengan merek soyjoy.
Pocari Sweat mulai masuk ke pasar
Indonesia pada tahun 1990. Pertama kali masuk ke Indonesia hanya 30.000 kaleng
setahun. Inipun harus di datangkan dari pabrik minuman Pocari Sweat di Korea
Selatan. Pada tahun 1991 Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd mendirikan PT. Amerta
Indah Otsuka dengan membuka pabriknya di Lawang (Malang, Jawa Timur) yang
memproduksi Pocari Sweat dengan dipimpin presiden direkturnya Yoshihiro Bando.
Perusahaan ini mempunyai visi “to be a brilliant company by giving the most
reliable contribution to consumers and societies” dan beberapa misi yaitu :
v
To develop and maintain high quality employees
in order to ensure high quality product.
v
To ensure the needs and walfare of consumers and
society as the main priority.
v
To develop and maintain mutual relationship with
business partners.’
v
To become a trustable company.
v
To become an effective and efficient company
either in operational and financial.
v To
catch the oppurtunities in order to create new market for distributed high
quality products to more consumers.
Pada waktu baru didirikan pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi
7 juta kaleng per bulan. Tapi sebelum dipasarkan oleh PT. Amerta Indah Otsuka,
penjualan Pocari Sweat di bawah kendali PT. Otsuka Indonesia sebagai perusahaan
patungan di bidang farmasi dengan Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd Jepang. Selama
di bawah kendali PT. Otsuka Indonesia distribusi Pocari Sweat dijadikan satu
dengan produk farmasi (obat-obatan) PT. Otsuka Indonesia yang menyebabkan pasar
Pocari Sweat menjadi kurang jelas dan distribusinya menjadi tidak berjalan
dengan baik. Agar lebih fokus, akhirnya diputuskan pemasaran dan distribusi
Pocari Sweat sepenuhnya diserahkan ke PT. Amerta Indah Otsuka.
Setelah selama 13 tahun beroperasi dari tahun 1991 sampai 2004 pabrik
di Lawang diputuskan untuk dipindahkan ke pabrik Sukabumi pada awal tahun 2004.
Pertimbangannya adalah untuk lebih menekan biaya produksi dan transportasi
serta memberikan kemudahan penyediaan bahan baku. Sejak dipindahkan ke Sukabumi
pabrik mampu memproduksi Pocari Sweat dua kali lipat menjadi 14 juta kaleng per
bulan.
Pada tahun 2007 dibangun pabrik baru dengan fasilitas produksi PET
(minuman kemasan botol) untuk memproduksi Pocari Sweat dalam bentuk botol.
Menelan biaya investasi lebih dari Rp. 100 miliar, pabrik tersebut memiliki
kapasitas produksi sebesar 250.000 botol per jam. Produk Pocari Sweat terus
berkembang. Hal ini membuat PT. Amerta Indah Otsuka berinisiatif untuk
mengembangkan pasarnya ke Sumatera dengan mendirikan kantor cabang di Medan.
PT. Amerta Indah Otsuka cabang Medan didirikan pada bulan September 2004 yang
berkantor di jalan Krakatau ujung komplek Krakatau Multi Center Medan.
PT. Amerta Indah Otsuka yang ada di Medan diberi tugas untuk
memasarkan dan mendistribusikan Pocari Sweat untuk wilayah kota Medan. Kota
Medan termasuk wilayah pemasaran Sumatera 1, yaitu area di Sumatera yang
meliputi Sumatera Utara, Padang, Pekan Baru, Batam dan Aceh. Sejalan dengan
didirikannya kantor cabang di Medan, PT. Amerta Indah Otsuka juga langsung
menawarkan produknya ke pasaran. Seperti kita ketahui Pocari Sweat sekarang
memiliki banyak varian produk, namun pada saat pertama kali ditawarkan ke pasar
tidak semua varian produk langsung ditawarkan secara bersamaan
Pada saat pertama kali memasarkan produk Pocari Sweat di Medan, PT.
Amerta Indah Otsuka memasarkan Pocari Sweat dalam bentuk sachet dan kaleng 330
ml yaitu pada tahun 2004. Pada tahun 2007 diperkenalkan Pocari Sweat dalam
kemasan botol 500 ml, pada tahun 2009 diperkenalkan dalam kemasan botol 350 ml
dan pada tahun 2009 diperkenalkan dalam kemasan botol 2 liter.
B. Jenis Usaha/Kegitan
Setelah masuk ke Indonesia PT.
Amerta Indah Otsuka telah menjadi pemain dalam industri minuman dalam kemasan,
lebih khusus lagi dalam industri minuman isotonik. Selain itu mereka juga
memproduksi makanan ringan dengan merek soyjoy. Sementara PT. Amerta Indah
Otsuka Medan melakukan kegiatan dalam distribusi minuman Pocari Sweat dan
soyjoy ke distributor dan distributor yang akan menjualnya ke konsumen.
C. Struktur Organisasi
Pihak yang mengelola perusahaan
diatur sedemikian rupa dalam suatu struktur organisasi. Struktur organisasi
merupakan suatu kerangka dasar tertentu yang menunjukkan hubungan suatu
organisasi dan individu-individu yang berbeda di dalam suatu organisasi,
melalui suatu struktur organisasi maka tugas dan wewenang dan tanggung jawab
setiap pejabat dapat diketaui dengan jelas dan tegas, sehingga diharapkan
setiap satuan-satuan organisasi dapat bekerja bersamasama secara harmonis.
Untuk mencapai keberhasilan yang
diharapkan , struktur organisasi perusahaan merupakan salah satu unsur yang
menentukan untuk mencapai keberhasilan yang diharapkan perusahaan. Struktur
organisasi yang baik harus mampu berfungsi sebagai alat pengatur maupun
pengawas usaha pelaksanaan pencapaian tujuan perusahaan sehingga usaha-usaha
yang dilakukan dapat berjalan secara efisien dan efektif.
Struktur organisasi yang disusun
dengan baik dan jelas akan membantu melaksanakan pembagian tugas dan tanggung
jawab yang jelas dan tegas antara suatu bagian dengan bagian lainnya, baik pada
tingkat manajemen atas, menengah, maupun tingkat bawah. Suatu perusahaan harus
memiliki struktur organisasi yang sesuai dengan sifat dan jenis usahanya.
D. Uraian Tugas
Adapun Kegunaan dari pembagian
tugas dalam sebuah organisasi/ perusahaan adalah :
- Untuk menghemat waktu dan tenaga.
- Mencegah adanya penumpukan pekerjaan dalam suatu bagian.
- Mempermudah pengawasan oleh pihak atasan.
- Mempermudah pelaksanaan kerja.
E. Kinerja Usaha Terkini
Kinerja terkini dari PT. Amerta
Indah Otsuka adalah saat ini PT. Amerta Indah Otsuka mampu menjadi market
leader dalam industri minuman isotonik di Indonesia. Selain itu PT. Amerta
Indah Otsuka juga satu-satunya perusahaan minuman isotonik yang memiliki banyak
varian produk. Pocari Sweat dipasarkan dalam 5 kemasan yang berbeda yaitu dalam
kemasan sachet berupa serbuk, dalam bentuk minuman kaleng berisi 330 ml dan
dalam kemasan botol berisi 350 ml, 500 ml dan 2 liter. Hal ini cukup
membanggakan dan diharapkan mampu memperluas pangsa pasar Pocari Sweat. Dan dari
segi penjualan, PT. Amerta Indah Otsuka pusat menargetkan 500 juta kaleng pada
tahun 2009-2010 untuk seluruh Indonesia.
Untuk target penjualan Pocari
Sweat di regional Sumatera 1 bisa diusulkan oleh PT. Amerta Indah Otsuka yang
ada di Medan ke PT. Amerta Indah Otsuka pusat, namun yang menentukan berapa
tepatnya target penjualan yang harus dicapai tetap diputuskan oleh PT. Amerta
Indah Otsuka pusat (Jakarta). Tapi berdasarkan data dari perusahaan biasanya
rata-rata target pertumbuhan penjualan yang ditetapkan berkisar antara 25%
sampai 30%, dan target pertumbuhan penjualan tersebut akan terus naik setiap
bulannya.
Dalam pemasaran dan target
penjualan semua varian produk Pocari Sweat di hitung dalam bentuk satuan
kemasan kaleng, jadi pada penjualan kemasan botol dan sachet pun dikonversikan
dalam satuan hitung kaleng. Sebagai contoh dapat kita lihat target penjualan
Pocari Sweat pada bulan Mei 2009 di regional Sumatera1 berdasarkan data dari
perusahaan, target penjualan yang ditetapkan PT. Amerta Indah Otsuka pusat
(Jakarta) sekitar 1.980.287 kaleng.
Untuk melihat hasil pencapaian
penjualan Pocari Sweat sebagai contoh bisa dilihat dari hasil penjualan pada
bulan sebelumnya yaitu berdasarkan data dari perusahaan pada bulan April 2009.
PT. Amerta Indah Otsuka Medan pada bulan April 2009 mampu menjual sebanyak
1.196.548 kaleng, bila dibandingkan dengan target penjualannya pada bulan April
yang sekitar 1.495.685 kaleng, jadi ini berarti PT. Amerta Indah Otsuka Medan
tidak dapat memenuhi target penjualan yang ditetapkan dari pusat. Hasil
pencapaian penjualan pada bulan April 2009 hanya mencapai angka sekitar 80%
dari target penjualan yang ditetapkan. Tapi walaupun target penjualan dari
pusat tidak tercapai seperti yang diharapkan, namun dari hasil penjualan masih menunjukkan
hasil yang cukup memuaskan.
F. Rencana Kerja Perusahaan
Untuk saat ini PT. Amerta Indah
Otsuka Medan memiliki rencana kerja jangka pendek dan jangka panjang. Dalam
rencana kerja jangka pendek PT. Amerta Indah Otsuka Medan, perusahaan
memusatkan perhatian pada pemasaran dan penjualan Pocari Sweat kemasan botol 2
liter yang baru saja dikeluarkan untuk pasar kota Medan. Untuk rencana kerja
jangka panjang, PT. Amerta Indah Otsuka Medan menjalankan apa yang menjadi visi
perusahaan, yaitu untuk Universitas Sumatera Utara menjadi perusahaan yang
cemerlang dengan memberikan kontribusi yang sangat dipercayai oleh konsumen dan
masyarakat.
A. Jajaran DIreksi
Presiden Komisaris :
Amir Basir
Presiden Direktur :
Yoshihiro Bando
Induk Perusahaan : Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd.,
Grup : PT. Otsuka Indonesia, PT. Merapi Pharma, PT. Otsuka Jaya Indah,dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar